Pengaruh Media Komik Digital Terhadap Pengetahuan Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Pada SiswaSD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar

SITI NURHALIZA RAMADHANI (2023) Pengaruh Media Komik Digital Terhadap Pengetahuan Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Pada SiswaSD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

[img] Text
Artikell_Siti Nurhaliza Ramadhani_1847041067.docx

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekerasan seksual yang terjadi pada anak disebabkan karena kurangnya pemahaman anak tentang kekerasan seksual. Penyampaian tentang pendidikan seks seringkali menggunakan metode yang membuat siswa merasa bosan, sehingga diperlukan media komik digital untuk menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik digital terhadap pengetahuan tentang pencegahan kekerasan seksual pada siswa SD Inpres Toddopuli I. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penggunaan media komik digital diterapkan sesuai dengan tahapan penggunaan media, dalam hal ini guru membagikan komik kepada siswa menggunakan media elektronik, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membacakan isi komik. Penggunaan media berlangsung secara baik dilihat dari kategori persentase setiap pertemuannya meningkat. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai pretest 83,14% kemudian nilai posttest sebesar 87,85% ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dengan penggunaan media komik digital.. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dari hasil uji paired sample t-test sebesar 0.000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan tentang pencegahan kekerasan seksual pada siswa SD Inpres Toddopuli I Kota Makassar. Kata Kunci: Pencegahan; Kekerasan Seksual; Komik Digital.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:39
Last Modified: 30 Aug 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33823

Actions (login required)

View Item View Item