Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah

FITRI ISA (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah.

[img] Text
ARTIKEL_FITRI ISA_1747442015_PGSD_FIP_UNM.docx

Download (61kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik dan prosedur pengumpulan sebagai data yaitu observasi, Tes dan Dokumentasi. Subjek penelitian ini sejumlah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai sebagai pengajar. Teknik analisis data adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru belum maksimal dengan baik sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori Sangat Rendah sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu aktivitas mengajar guru atau pada kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres No. 178 Rappoa, Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Model Jigsaw.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:38
Last Modified: 25 Aug 2023 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33796

Actions (login required)

View Item View Item