PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDI JAPING KECAMATAN PATTALLASANG KABUPATEN GOWA

MELANI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SDI JAPING KECAMATAN PATTALLASANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Jurnal Melani 2023.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran PKn, (2) Untuk menggambarkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar PKn dikelas III SDI Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B SDI Japing. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu siswa dikelas III SDI Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik análisis data yang digunakan yaitu análisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yakni (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terlaksana dengan sangat baik, (2) Selain itu, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dibanding dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam proses pembelajaran, (3) Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas III SDI Japing Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah (MPB), Hasil Belajar PKn

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:11
Last Modified: 22 Aug 2023 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33752

Actions (login required)

View Item View Item