PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA UPT SDN SIPALA II KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

SITTI AMINAH (2023) PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA UPT SDN SIPALA II KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL PJE_Sitti Aminah.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa di UPT SDN Sipala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ekspostfacto yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 95 orang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif serta Teknik analisis statistik inferensial menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa di UPT SDN Sipala II Kecamatan Biringkana, Kota Makassar berada pada kategori sedang. Adapun berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa di UPT SDN Sipala II Kecamatan Biringkana, Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari F hitung lebih besar dari pada F tabel (27.850 > 3,97) sehingga terjadi pengaruh signifikan. Kemudian signifikansi dibandingkan dengan harga p-value 0,000 lebih kecil daripada level signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh fasilitas perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa UPT SDN Sipala II Kecamatan Biringkana, Kota Makassar dapat diterima. Kata Kunci : Fasilitas perpustakaan sekolah, minat baca siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:48
Last Modified: 16 Aug 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33644

Actions (login required)

View Item View Item