PRATIWI WULANDARI (2023) Peningkatan Keterampilan Literasi Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Siswa Kelas 1 A.
Text
ARTIKEL PRATIWI WULANDARI.docx Download (201kB) |
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan literasi membaca permulaan siswa kelas 1 A UPT SPF SDN KIP V Bara-Baraya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Flash Card untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca permulaan siswa kelas 1 A UPT SPF SDN KIP V Bara-Baraya Kota Makassar. Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tahapan kegiatan berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media Flash Card untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca permulaan siswa. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas 1 A UPT SPF SDN KIP V Bara-Baraya Kota Makassar pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes keterampilan membaca permulaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam keterampilan literasi membaca permulaan pada proses pembelajaran, yang dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas dari pratindakan berada pada kategori cukup (C), pada siklus I meningkat namun masih berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II mengalami pengingkatan dan berada pada kategori baik (B). Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan literasi membaca permulaan menggunakan media Flash Card sehingga keterampilan literasi membaca permulaan siswa kelas 1 A UPT SPF SDN KIP V Bara-Baraya Kota Makassar dapat mengalami peningkatan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flash Card, Literasi, Keterampilan Membaca Permulaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 07:01 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33613 |
Actions (login required)
View Item |