PENERAPAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN BERMAIN GADGET PADA SISWA SMP NEGERI 17 MAKASSAR

Firza Amaliawati (2023) PENERAPAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN BERMAIN GADGET PADA SISWA SMP NEGERI 17 MAKASSAR.

[img] Text
1x Firza Amaliawati_1844042022_Jurnal Ilmiah 1.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik self control untuk mengurangi kecanduan bermain gadget pada siswa SMP Negeri 17 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui gambaran perilaku kecanduan gadget pada siswa di SMP Negeri 17 Makassar. (2) Mengetahui gambaran penerapan teknik self control untuk mengurangi perilaku kecanduan gadget siswa di SMP Negeri 17 Makassar. (3) Mengetahui apakah teknik self control mampu menurunkan perilaku kecanduan gadget pada siswa di SMP Negeri 17 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A, Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa dengan inisial FA kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar yang memiliki kecanduan gadget tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecanduan gadget sebelum diberikan perlakuan teknik self control berada pada kategori tinggi. (2) Penerapan teknik self control dilakukan sesuai skenario dengan 4 tahapan dalam 4 kali sesi pertemuan, selama pelaksanaan penelitian siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang baik. (3) Penerapan teknik self control dapat menurunkan kecanduan gadget siswa di SMP Negeri 17 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:31
Last Modified: 08 Aug 2023 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33418

Actions (login required)

View Item View Item