Penerapan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Di SMA Negeri 2 Enrekang

Anirzha Fuji Fadlitha M. Simen. (2023) Penerapan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Di SMA Negeri 2 Enrekang.

[img] Text
JURNAL ANIRZHA FUJI FADLITHA.docx

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran perilaku efikasi diri siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Enrekang, 2) Gambaran penerapan konseling realitas untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Enrekang, 3) Bagaimana penerapan konseling realitas dapat meningkatkan efikasi diri akademik siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa yang teridentifikasi memiliki efikasi diri yang rendah dan pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah sampel 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan pembagian masing-masing berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket efikasi diri dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas data, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat efikasi diri siswa saat pretest kelompok eksperimen berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 83,5 dan pada posttest terjadi peningkatan efikasi diri siswa kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan rata-rata skor 94,2, (2) Pelaksanaan konseling realitas dilakukan berdasarkan 4 tahapan WDEP dalam konseling realitas yaitu: Want (Mengeksplorasi kebutuhan konseli), Doing & Direction (Mengidentifikasi arah tujuan yang akan dicapai konseli), Evaluation (Evaluasi diri atau menyadari perilaku), Planning (Membuat perencanaan dan komitmen), (3) Ada perbedaan signifikan pada tingkat efikasi diri akademik siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan. Artinya, pemberian layanan konseling kelompok realitas berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan efikasi diri akademik siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Enrekang. Kata Kunci: Konseling Realitas, Konseling Kelompok, Efikasi Diri Akademik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:02
Last Modified: 08 Aug 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33412

Actions (login required)

View Item View Item