Syarifah, St (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SAIN SISWA KELAS V SD INPRES PACCINONGAN KABUPATEN GOWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Jurnal Ilmiah.docx Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah memperoleh, menganalisis, dan mendeskripsikan data mengenai (1) gambaran hasil belajar sain yang diajar menggunakan pendekatan konvensional siswa kelas V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa (2) gambaran hasil belajar sain yang diajar menggunakan pendekatan saintifik siswa kelas V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa (3) pengaruh signifikans penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar sain siswa kelas V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan teknik eksperimen semu. Adapun populasi penelitian adalah seluruh V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa tahun pelajaran 2015/2016. Populasi tersebut berjumlah 60 orang yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas IV A dan kelas IV B dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar sain siswa kelas V SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa menggunakan pendekatan adalah 66,33 dan teknik konvensional adalah 57,10 dalam rentangan nilai 10-100. Selain itu, data pada hasil analisis keefektifan dalam uji t, menunjukkan nilai empiris (tt):7,16 sedangkan nilai teoretis (ta): 1,67 pada taraf sigrifikansi 95%, sehingga dinyatakan bahwa nilai t empiris lebih besar daripada nilai t teoretis (tabel) (7,16>1,67) yang berarti pendekatan saintifik adalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar sain siswa kelas V SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa Kata Kunci: Pendekatan saintifik dan hasil belajar sains
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 07:49 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 07:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3340 |
Actions (login required)
View Item |