PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWAKELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

AHDANIAH FITRIYANI (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWAKELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (32kB)
[img] Text
Sampul DEPAN.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB I- 3.docx

Download (93kB)
[img] Text
Skripsi LAMPIRAN.docx

Download (3MB)

Abstract

Ahdaniah Fitriyani, 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S. Kom., M. Pd dan Dr. Hasaruddin Hafid, M. Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Adapun penelitian ini yakni 1) untuk memperbaiki proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, 2) untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) Siswa yaitu apakah pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA dapat meningkat dengan menerapkan metode demonstrasi. 2) Guru yaitu kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah metode demonstrasi. 3) Hasil belajar yaitu apakah hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode demonstrasi. Subjek penelitian yakni 30 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari kategori cukup pada siklus I dan menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:33
Last Modified: 04 Aug 2023 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33385

Actions (login required)

View Item View Item