PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

WIDIAWATI R. BANLA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
AWAL SKRIPSI.docx

Download (98kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12MB)

Abstract

Widiawati R Banla. 2017 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri Mappala Kecamatan Rappcini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 1 guru kelas dan siswa kelas VI yang berjumlah 22 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar PKn. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari empat komponen, yakni: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah indikator proses dan hasil dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap penelitian siklus I masih berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II sudah berada pada kategori baik (B). Kesimpulannya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran, maka hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:37
Last Modified: 03 Aug 2023 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33365

Actions (login required)

View Item View Item