PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLEPADA MATAPELAJARAN IPS UNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWAKELAS VSD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

FITRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLEPADA MATAPELAJARAN IPS UNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWAKELAS VSD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul kedua skripsi fitriani.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I - V.docx

Download (8MB)
[img] Text
format saran perbaikan fitriani.docx

Download (41kB)

Abstract

Fitriani.2017. PenerapanModel Pembelajaran Example Non Examplepada Mata Pelajaran IPSuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VSD InpresTidung Kecamatan RappociniKota Makassar. Skripsi.Dibimbingoleh Dra.Hj. DjoharaNonci, M.SidanDr. Erma SuryaniSahabuddin, M.Si. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusanmasalahadalahbagaimanakahpenerapanmodel pembelajaran example non examplepadamatapelajaran IPS untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas VSD InpresTidung Kecamatan RappociniKota Makassar.Tujuanpenelitianadalahmendeskripsikanpenerapanmodel pembelajaran example non examplepadamatapelajaran IPS untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas VSD InpresTidung Kecamatan RappociniKota Makassar.Pendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas yang dilaksanakansebanyakduasiklusdansetiapsiklus dilaksanakandua kali pertemuan.Setiapsiklusmelaluitahapperencanaan, tahappelaksanaan, tahapobservasidantahaprefleksi.Fokuspenelitianiniadalahpenerapanmodel pembelajaran example non exampledanhasilbelajarsiswa.Setting penelitian ini bertempat di kelasV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassardengan subyek penelitian sebanyak 24 siswa. Teknikpengumpulan data denganmenggunakanteknikdokumentasi,observasidantes.Teknikanalisis data yang digunakanadalahkualitatif deskripitif.Hasilpenelitianmenunjukkanhasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus IImengalamipeningkatan berada pada kategori baik (B).Hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan siklus II mengalamipeningkatanberada pada kategoribaik (B).Sedangkannilaihasilbelajarsiswa padasiklus I beradapadakategoricukup (C) dansiklus II mengalamipeningkatandanberadapadakategorisangatbaik(SB).Kesimpulannyabahwadenganmenerapkan model pembelajaranexample non exampledapat meningkatkan hasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS pada siswa kelasV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:35
Last Modified: 03 Aug 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33354

Actions (login required)

View Item View Item