PUTRA EKA SUTRISNO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 220 TOMPOE KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.
Text
1. Sampul.doc Download (39kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc Download (25kB) |
|
Text
4. MOTTO.doc Download (24kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.doc Download (30kB) |
|
Text
6. PRAKATA.doc Download (30kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.doc Download (27kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.doc Download (27kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.doc Download (27kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.doc Download (22kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.doc Download (26kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (55kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (83kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (118kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (31kB) |
|
Text
18. Deskriptor Lembar Observasi.doc Download (48kB) |
|
Text
19 REKAPITULASI NILAI TES HASIL BELAJAR.doc Download (60kB) |
|
Text
20 Lampiran Dokumentasi.doc Download (1MB) |
|
Text
21 Riwayat_Hidup.docx Download (126kB) |
Abstract
Putra Eka Sutrisno. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.Skripsi.Dibimbing oleh .Dra.Hj.Amrah SPd MPd selaku Pembimbing I dan Dra Hj Johara Nonci M,Si selaku Pembibing II.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan .Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu perecanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Tipe Talking Stick. Subjek Penelitian ini dilaksnanakan di SDN 220 Tompoe Keamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dengan 1 orang guru dan 22 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dianalisis secara Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I siklus I berada pada kategori cukup (C), dan siklus II menjadi baik (B). Demikian pula dengan aktivitas siswa pada pertemuan II siklus I berada pada kategori kurang (K) dan cukup (C) sedangkan pada siklus II menjadi kategori baik (B).Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II menjadi kategori baik (B).Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pebelajaran Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS sisiwa kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:54 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33349 |
Actions (login required)
View Item |