PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 220 TOMPOE KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

PUTRA EKA SUTRISNO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 220 TOMPOE KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1. Sampul.doc

Download (39kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc

Download (25kB)
[img] Text
4. MOTTO.doc

Download (24kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.doc

Download (30kB)
[img] Text
6. PRAKATA.doc

Download (30kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.doc

Download (27kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.doc

Download (27kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.doc

Download (27kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.doc

Download (22kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.doc

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (31kB)
[img] Text
18. Deskriptor Lembar Observasi.doc

Download (48kB)
[img] Text
19 REKAPITULASI NILAI TES HASIL BELAJAR.doc

Download (60kB)
[img] Text
20 Lampiran Dokumentasi.doc

Download (1MB)
[img] Text
21 Riwayat_Hidup.docx

Download (126kB)

Abstract

Putra Eka Sutrisno. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.Skripsi.Dibimbing oleh .Dra.Hj.Amrah SPd MPd selaku Pembimbing I dan Dra Hj Johara Nonci M,Si selaku Pembibing II.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan .Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu perecanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Tipe Talking Stick. Subjek Penelitian ini dilaksnanakan di SDN 220 Tompoe Keamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dengan 1 orang guru dan 22 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dianalisis secara Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I siklus I berada pada kategori cukup (C), dan siklus II menjadi baik (B). Demikian pula dengan aktivitas siswa pada pertemuan II siklus I berada pada kategori kurang (K) dan cukup (C) sedangkan pada siklus II menjadi kategori baik (B).Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II menjadi kategori baik (B).Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pebelajaran Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS sisiwa kelas IV SDN 220 Tompoe Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:54
Last Modified: 03 Aug 2023 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33349

Actions (login required)

View Item View Item