Penerapan Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite Dan Review Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa.

Nur Indah Sari (2023) Penerapan Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite Dan Review Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa.

[img] Text
NUR INDAH SARI_1847042009_ARTIKEL.docx

Download (185kB)

Abstract

Nur Indah Sari, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite Dan Review Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Amrah). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di lingkup SD yakni rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Fokus dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran PQ4R dan keterampilan membaca pemhaman. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa yang berjumlah 29 siswa pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup, hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori kurang dan tes hasil keterampilan membaca pemhaman siswa berada pada kategori belum tuntas. Pada siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik, hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik dan tes hasil keterampilan membaca pemahaman siswa berada pada kategori tuntas. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model preview, question, read, reflect, recite dan review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:20
Last Modified: 02 Aug 2023 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33323

Actions (login required)

View Item View Item