Pengaruh Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Nurul Asma (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
Artikel_Nurul Asma_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (853kB)

Abstract

Nurul Asma, 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Andi Makkasau dan Erma Suryani Sahabuddin. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa karena tidak adanya variasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran buku pop up pada pembelajaran IPA kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba; (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba; (3) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelaajaran buku pop up terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, dengan tahap pretest, treatment, posttest. Varibel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup media pembelajaran buku pop up dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPA siswa. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentsi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran masuk ke dalam kategori sangat efektif (2) Hasil belajar IPA siswa yang buku pop up diperoleh pada posttest kelas eksperimen masuk ke dalam kategori sangat tinggi, posttest pada kelas kontrol masuk ke dalam kategori sedang (3) Terdapat pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 184 Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Hal ini disebabkan karena nilai signifikan 0,01 < 0,05 dan thitung > ttabel (3,636 > 2,024)

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:06
Last Modified: 01 Aug 2023 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33296

Actions (login required)

View Item View Item