Pengaruh Pembelajaran Kompetensi Dasar Keterampilan, Praktik Kerja Lapangan, dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Di SMK Negeri Takalar Tahun 2023

ARIYANTO, ARIYANTO and Amiruddin, Amiruddin and Amir, Faizal Pengaruh Pembelajaran Kompetensi Dasar Keterampilan, Praktik Kerja Lapangan, dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Di SMK Negeri Takalar Tahun 2023. UNM Journal of Technology and Vocational, 7 (2). ISSN Online ISSN 2580-0434

[img] Text (Artikel - Pengaruh Pembelajaran Kompetensi Dasar Keterampilan, Praktik Kerja Lapangan, dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Di Smk Negeri Takalar Tahun 2023)
PENGARUH PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN, PRAKTIK.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Turnitin - Pengaruh Pembelajaran Kompetensi Dasar Keterampilan, Praktik Kerja Lapangan, dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Di Smk Negeri Takalar Tahun 2023)
Turnitin PENGARUH PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN, PRAKTIK.pdf - Supplemental Material

Download (494kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJTV/article/view/46524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pembelajaran kompetensi dasar keterampilan siswa di SMK Negeri Takalar, (2) gambaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa di SMK Negeri Takalar, (3) gambaran Self-Efficacy siswa di SMK Negeri Takalar, (4) gambaran kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (5) pengaruh pembelajaran kompetensi dasar keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (6) pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (7) pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (8) pengaruh secara bersama-sama pembelajaran kompetensi dasar keterampilan, praktik kerja lapangan, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Sampel pada penelitian sebanyak 123 siswa kelas XII. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik desktiptif, statistik inferensial dan uji hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran kompetensi dasar keterampilan siswa berada pada kategori “tinggi”, (2) Praktik Kerja Lapangan siswa berada pada kategori “tinggi”, (3) Self-Efficacy berada pada kategori “tinggi”, (4) kesiapan kerja siswa berada pada kategori “tinggi” (5) ada pengaruh pembelajaran kompetensi dasar keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (6) ada pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (7) ada pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (8) adanya pengaruh secara bersama-sama antara pembelajaran kompetensi dasar keterampilan, praktik kerja lapangan, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:50
Last Modified: 31 Jul 2023 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33222

Actions (login required)

View Item View Item