RETNO FADILAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL DEPAN.docx Download (37kB) |
|
Text
2. HALAMAN SAMPUL.doc Download (47kB) |
|
Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.rtf Download (609kB) |
|
Text
4 PENGESAHAN.rtf Download (623kB) |
|
Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc Download (30kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.doc Download (28kB) |
|
Text
7. MOTO.doc Download (25kB) |
|
Text
8. PRAKATA.doc Download (38kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.doc Download (37kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.doc Download (23kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.doc Download (23kB) |
|
Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.doc Download (44kB) |
|
Text
12. BAB I-III.docx Download (136kB) |
|
Text
15 LKS P1,2 Siklus 1.docx Download (18kB) |
|
Text
16 Observasi guru p1.2 s1.docx Download (28kB) |
|
Text
25 DOKUMENTASI PENELITIAN (FOTO).doc Download (14MB) |
|
Text
26 RIWAYAT HIDUP.doc Download (189kB) |
Abstract
Retno Fadilah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (discovery learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd dan Dr. Latang M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan apakah penerapan model penemuan terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VA SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dan hasil belajar matematika. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Kasi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari satu guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 Orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa sehingga berada pada kategori baik serta peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33204 |
Actions (login required)
View Item |