PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RETNO FADILAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (37kB)
[img] Text
2. HALAMAN SAMPUL.doc

Download (47kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.rtf

Download (609kB)
[img] Text
4 PENGESAHAN.rtf

Download (623kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc

Download (30kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.doc

Download (28kB)
[img] Text
7. MOTO.doc

Download (25kB)
[img] Text
8. PRAKATA.doc

Download (38kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.doc

Download (37kB)
[img] Text
10 DAFTAR GAMBAR.doc

Download (23kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.doc

Download (23kB)
[img] Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.doc

Download (44kB)
[img] Text
12. BAB I-III.docx

Download (136kB)
[img] Text
15 LKS P1,2 Siklus 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
16 Observasi guru p1.2 s1.docx

Download (28kB)
[img] Text
25 DOKUMENTASI PENELITIAN (FOTO).doc

Download (14MB)
[img] Text
26 RIWAYAT HIDUP.doc

Download (189kB)

Abstract

Retno Fadilah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (discovery learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd dan Dr. Latang M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan apakah penerapan model penemuan terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VA SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dan hasil belajar matematika. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Kasi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari satu guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 Orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa sehingga berada pada kategori baik serta peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Inpres Kassi-kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:07
Last Modified: 28 Jul 2023 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33204

Actions (login required)

View Item View Item