Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product)

Asril, Citra Meisarah and Amiruddin, Amiruddin and Lamada, Mustari S. (2023) Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Jurnal Media TIK, 6 (1). ISSN Print ISSN 2656-1247 Online ISSN 2715-5919

[img] Text (Artikel - Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product))
Artikel Evaluasi Kampus Merdeka.pdf - Accepted Version

Download (337kB)
[img] Text (Turnitin - Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product))
Turnitin Evaluasi Kampus Merdekaa.pdf - Supplemental Material

Download (406kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/article/view/50827

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluasi research) yang bertujuan untuk mengevaluasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam yang terdiri dari empat aspek yaitu aspek context, aspek input, aspek process dan aspek product dengan rancangan penelitian evaluasi mixed methods. Responden pada penelitian ini berjumlah 123 mahasiswa aktif yang telah melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan data pendukung diperoleh dari pimpinan fakultas, ketua MBKM Universitas, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Mahasiswa aktif yang dijadikan responden diambil melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data diambil melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aspek context menunjukkan adanya kesesuaian tujuan program dan aturan program baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, hingga ketercapaian program MBKM, 2) aspek input menunjukkan adanya kesesuaian mengenai kesiapan mahasiswa yang mengikuti program MBKM di Fakultas Teknik yang telah dideskripsikan sebelumnya baik dari sisi pengetahuan awal mengenai program MBKM, keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan sosialisasi, pemenuhan kebutuhan mahasiswa sebelum dan sesudah pelaksanaan program MBKM, 3) aspek process menunjukkan adanya kesesuaian pelaksanaan program berdasarkan buku panduan merdeka belajar kampus merdeka, 4) pada aspek product menunjukkan adanya peningkatan keterampilan baik soft skills maupun hard skills mahasiswa setelah melaksanakan program MBKM.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 26 Jul 2023 09:36
Last Modified: 26 Jul 2023 09:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33183

Actions (login required)

View Item View Item