PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMAN 13 MAKASSAR

KUMALASARI (2023) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMAN 13 MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ILMIAH Kumalasari - 1744041023.pdf

Download (875kB)

Abstract

Kumalasari, 2023. Skripsi Penerapan Teknik Self Management Untuk MengurangiPerilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMAN 13 Makassar. Dibimbing oleh Bapak Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikandan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahuikecenderungan perilaku prokrastinasi akademik siswadi SMAN 13 Makassar 2) Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self management 3) Mengetahuiefektivitas teknik self management dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi-Eksperiment Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah non equivalent control group design Populasi penelitian ini adalah sebanyak 38 siswa dan sampel penelitian sebesar 12 siswa yang ditentukan dengan teknik simpel random sampling yang terdiri dari 6 siswa kelompok eksperimen dan 6 siswa kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument, observasi dan angket prokrastinasi akademik siswa. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif uji T test menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa saat pretest pada kelompok sampel eksperimen dan kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest, tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. (2) Pelaksanaan teknik self management terdiri atas lima tahap yaitu rational treatment, self monitoring, reinforcement yang positif (self reward), kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri (self contracting) dan melakukan penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control). (3) Penerapan teknik self management secara signifikan efektif dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMAN 13 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:04
Last Modified: 26 Jul 2023 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33171

Actions (login required)

View Item View Item