PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KOTA MAKASSAR

PUSPITASARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DLL.docx

Download (1MB)
[img] Text
PUPUT HASIL 1.docx

Download (142kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

PUSPITASARI, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Paired Story Telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin., M.Si. dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan adalah siswa kurang mampu mengembangkan imajinasi dan kurang mampu menuangkan idenya dalam sebuah karangan. Rumusann masala penelitian ini yaitu : (1) Bagaimanakah gambaran hasil penggunaan model pembelajaran paired story telling pada siswa kelas IV? (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran paired story telling terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre- Experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak) yaitu kelas IV dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran penggunaan model pembelajaran paired story telling pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa dapat dilihat dengan nilai rata-rata pada saat pretest 56,44 dan posttest 81,68. (2) pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV memiliki pengaruh yang signifikan dapat kita lihat Dari hasil statistik dengan menggunakan SPSS 20.0 diperoleh nilai thitung -18,023 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1.69236 sehingga untuk hasil keterampilan menulis karangan narasi thitung (18,023) > ttabel (1.69236) dan berdasarkan nilai probabilitas diperoleh nilai signifikansi 2-tailed 0,00< 0,05.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:54
Last Modified: 24 Jul 2023 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33159

Actions (login required)

View Item View Item