PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ATMA AGUNG (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB 1-3.doc

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.doc

Download (26MB)

Abstract

Atma Agung. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh: Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr. Hj. Rohana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yaitu penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray meningkatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I berada dalam kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa berada dalam kategori tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:15
Last Modified: 24 Jul 2023 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33152

Actions (login required)

View Item View Item