PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDI NURUL HIDAYANI MATHAR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul pertama.docx

Download (21kB)
[img] Text
2. sampul kedua.docx

Download (755kB)
[img] Text
3. ISI.docx

Download (92kB)
[img] Text
4. lampiran rpp.docx

Download (135kB)
[img] Text
5. LAMPIRAN.docx

Download (1MB)

Abstract

Andi Nurul Hidayani Mathar 2017. Penerapan model pembelajaran inqiry untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres Kassi-kassi 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muslimin, M.Ed dan Dra. St Habibah, M.Si .Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan awal dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model inqiry dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Kassi-kassi 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model inqiry yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Kassi-kassi 1 kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah model inquiry dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus 1 berada pada kategori cukup sedangakan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula dengan aktivitas siswa pada siklus 1 kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori baik (B) dan pada siklus 2 mengalami peningkat dan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model inqiry dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Kassi-kassi 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:09
Last Modified: 24 Jul 2023 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33151

Actions (login required)

View Item View Item