PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO PEMBELAJARAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATAPELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDNLARIANG BANGI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

SYAHRATUL JANNAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO PEMBELAJARAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATAPELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDNLARIANG BANGI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (71kB)
[img] Text
isi Skripsi.docx

Download (205kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (10MB)

Abstract

Syahratul Jannah, 2017. Pengaruh Penerapan Media Audio Visual (Video Pembelajaran) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B., M.Pd. dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran IPA di kelas V yang berlangsung, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan cenderung kurang memperhatikan penjelasan dari guru, sehingga hasil belajar mata pelajaran IPA rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran dan apakah terdapat pengaruh penerapan media audio visual (video pembelajaran) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran dan pengaruh penerapan media audio visual (video pembelajaran) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah pre-experiment. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini yaitu 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (video pembelajaran) berlangsung secara efektif, keefektifan tersebut dibuktikan adanya peningkatan proses pembelajaran setiap pertemuan. ada pengaruh yang signifikan, penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (video pembelajaran) berlangsung secara efektif dan terdapat pengaruh yang signifikan dengan kategori cukup.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:22
Last Modified: 24 Jul 2023 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33146

Actions (login required)

View Item View Item