HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

IRMAYANTI (2023) HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman sampul kedua irmayanti.docx

Download (57kB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru irmayanti Siap ujian tutup.docx

Download (579kB)

Abstract

Irmayanti. 2017. Hubungan perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian orangtua yang mengakibatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA rendah. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimana hubungan perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. (2) Apakah terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mendeskripsikan hubungan perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar (2) untuk mendeskripsikan hubungan antara perhatian orangtua dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Penelitian ini bersifat deskriptif dan korelasional. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup perhatian orangtua dan variabel terikat mencakup minat belajar IPA. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan sampel 106 siswa Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan uji linearitas serta uji korelasi menggunakan rumus product moment untuk uji hipotesis menggunakan aplikasi perhitungan SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:31
Last Modified: 21 Jul 2023 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33135

Actions (login required)

View Item View Item