PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARA IPA KELAS V SD INPRES PERUMNAS II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

FIRDAYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARA IPA KELAS V SD INPRES PERUMNAS II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (23kB)
[img] Text
sampul kedua hasil.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB I fiks.doc

Download (81kB)
[img] Text
BAB II fiks.doc

Download (129kB)
[img] Text
BAB III fiks.doc

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP1.docx

Download (38kB)

Abstract

FIRDAYANTI, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Perumnas II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muslimin. M, Ed dan Dra. St. Habibah, M.Si., Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Adapun rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Learnimg Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Perumnas II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mendekripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Perumnas II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan dengan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle dan hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Perumnas II Kecamatan Rappocini Kota Makassar, sebanyak 12 orang siswa, yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I berada pada ketegori kurang dan pada siklus II mengalamai peningkatan berada pada ketegori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada ketegori kurang, dan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada ketegori baik. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan berada pada kategori belum tuntas, sedangkan siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Perumnas II Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:51
Last Modified: 21 Jul 2023 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33131

Actions (login required)

View Item View Item