HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV DI SD INPRES TELLO BARU MAKASSAR KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

KURNATUL AENI (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV DI SD INPRES TELLO BARU MAKASSAR KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III edit.docx

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
00. LAMPIRAN.docx

Download (10kB)
[img] Text
Lampiran Belakang.docx

Download (1MB)

Abstract

Kurnatul Aeni, 2017 Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV di SD Inpres Tello Baru Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas IV di SD Inpres Tello Baru Kota Makassar yang tidak memenuhi ketuntasan nilai belajar dan hal tersebut dipengaruhi oleh motivasi berprestasi siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran PKn? 2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn? 3) Apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran PKn 2) Gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn 3) Hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV di SD Inpres Tello Baru Tahun Ajaran (TA) 2016-2017. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan adalah 27 siswa dengan teknik penarikan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan skala motivasi berprestasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial menggunakan pengujian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran PKn berada pada kategori tinggi. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn berada pada kategori baik. 3) Ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran PKn. Motivasi berprestasi secara parsial memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:46
Last Modified: 21 Jul 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33125

Actions (login required)

View Item View Item