PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

AZIZA MEIYANASARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul kedua skripsi azizah.docx

Download (87kB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru azizah.docx

Download (1MB)

Abstract

Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Muhammad Akil Musi, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV dengan subyek penelitian sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori baik (B). Hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori baik (B). Sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:20
Last Modified: 21 Jul 2023 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33116

Actions (login required)

View Item View Item