PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI MANNURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

NURASIFAH AMIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI MANNURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. i-xv Awal.docx

Download (51kB)
[img] Text
2. ISI.docx

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2-23.docx

Download (27MB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 SILABUS.docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN 24 (riwayat hidup).doc

Download (179kB)

Abstract

NURASIFAH AMIR. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu., M.Ed dan Andi Dewi Riang Tati., S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn pada siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar? dan apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar dan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan proses pembelajaran, baik aktivitas guru maupun siswa pada materi memahami dan mematuhi keputusan bersama dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, pada siklus I berkategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan menjadi kategori baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa pada setiap siklus, pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan yaitu berkategori cukup secara klasikal, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik karena telah memenuhi indikator keberhasilan diatas standar, dan berkategori baik yaitu meningkat dari siklus I secara klasikal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:08
Last Modified: 20 Jul 2023 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33099

Actions (login required)

View Item View Item