ASMANIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVSDN KOMPLEKS IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL DEPAN.rtf Download (326kB) |
|
Text
2 sampul II.docx Download (89kB) |
|
Text
3 daftar isi.docx Download (32kB) |
|
Text
4 Skripsi.rtf Download (578kB) |
|
Text
5 Lampiran Baru.docx Download (1MB) |
Abstract
Asmaniah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Kompleks IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kompleks IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Adapun penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kompleks IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni: (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (2) Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 47 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan kategori cukup dan siklus II menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kompleks IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:50 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33095 |
Actions (login required)
View Item |