PENERAPAN MODEL TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

YULIN VERONIKA (2023) PENERAPAN MODEL TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (34kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (77kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

Yulin Veronika, 2017, Penerapan Model Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hj. Rohana, M.Pd dan Dr. Andi Makkasau, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah penerapan model talking stick dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran talking stick dan hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar Tahun Ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang, yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model talking stick secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:14
Last Modified: 20 Jul 2023 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33090

Actions (login required)

View Item View Item