Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan hasil Belajar IPA siswa kelas IV UPT SPF SDN Cendrawasih 1 Kota Makassar

Iftitah Cahyani (2023) Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan hasil Belajar IPA siswa kelas IV UPT SPF SDN Cendrawasih 1 Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_Iftita Cayani_PGSDFIP UNM Universitas Negeri Makassar.docx

Download (46kB)

Abstract

Iftitah Cahyani, 2021. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan hasil Belajar IPA siswa kelas IV UPT SPF SDN Cendrawasih 1 Kota Makassar. Penyusunan Skripsi di bimbing oleh Dosen bapak Drs. Nasaruddin, S.Pd.,M.Pd dan ibu Rosdiah Salam.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV UPT SPF SDN Cendrawasih 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang terdiri dari tahapan kegiatan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dan hasil belajar siswa. adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Pada semsester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data mengunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang diguanakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada pembelajaran baik pada aktivitas mengajar guru maupun dalam aktivitas belajar siswa. kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang kemudian pada siklus II meningkat dan berada pada kategori baik, dan Penerapan pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa IV

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:44
Last Modified: 20 Jul 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33087

Actions (login required)

View Item View Item