Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kuartet terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 17 Langnga-Langnga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Amaliyah Ramadhani (2023) Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kuartet terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 17 Langnga-Langnga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

[img] Text
Artikel_Amaliyah Ramadhani_Universitas Negeri Makassar-1.docx

Download (138kB)

Abstract

Amaliyah Ramadhani, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kuartet terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 17 Langnga-Langnga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh pembimbing I Dra.Nurfaizah AP,M.Hum dan pembimbing II Abdul Rahman,S.Pd., M.Ed., Ph.D). Penelitian ini adalah penelitian eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media permainan kartu kuartet terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran IPS yang mampu menarik perhatian siswa sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana gambaran penggunaan media permainan kartu kuartet pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN 17 Langnga-Langnga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan?; (2) Bagaimana gambar minat belajar IPS siswa setelah menggunakan media permainan kartu kuartet di kelas IV SDN 17 Langnga-Langnga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan?; (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media permainan kartu kuartet terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV SDN 17 Langnga-Langnga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan?. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media permainan kartu kuartet sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar IPS siswa. Desain penelitian ini adalah true eksprimentasl design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 53 orang yang ditentukan dengan teknik simple random sampling.Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferesial yang terdiri dari uji normalitas, uji homegenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media permainan kartu kuartet masuk kedalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan media permainan kartu kuartet selama 2 kali pertemuan yaitu pada pemberian treatmen 1 sebesar 70% dengan kategori baik dan pemberian treatmen 2 sebesar 83,3 % dengan kategori sangat baik. (2) Minat belajar IPS siswa yang diperoleh pada angket kelas eksprimen masuk ke dalam kategori sangat berminat, dan angket pada kelas kontrol masuk ke dalam kategori berminat dan dari 4 indikator minat belajar yang paling berpengaruh pada saat penggunaan media permainan kartu kuartet adalah indikator ketertarikan siswa. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media permainan kartu kuartet terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV SDN 17 Langnga-Langnga. Hal ini disebabkan karena thitung > ttabel (3,610 > 2,007)

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:39
Last Modified: 20 Jul 2023 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33077

Actions (login required)

View Item View Item