PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECOURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV A SD INPRES BONTOMANAI KOTA MAKASSAR

NURAIMA SAM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECOURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV A SD INPRES BONTOMANAI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
01 SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
02 MOTO ABSTRAK PRAKATA DAFTAR ISI DKK.docx

Download (4MB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (47kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (185kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (36kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (23MB)

Abstract

Nuraima Sam. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV A SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum dan Drs. Lutfi B, M.Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian mengkaji tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan rumusan masalah, Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV A SD Inpres Bontomanai Kota Makassar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dan hasil belajar siswa. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas IV A yang aktif terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus 2 berada pada kategori tuntas. Adapun hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 dan 2 berada pada kategori baik sedangkan hasil obeservasi aktivitas siswa pada siklus 1 kategori cukup siklus 2 kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV A SD Inpres Bontomanai Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:37
Last Modified: 18 Jul 2023 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33070

Actions (login required)

View Item View Item