Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres No. 206 Salekowa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar

Ratnawati (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres No. 206 Salekowa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

[img] Text
2. persetujuanpembimbing dan pengesahan skripsi.docx

Download (55kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN BKEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (24kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (30kB)
[img] Text
5.ISI , lampiran, dokumentasi.docx

Download (4MB)
[img] Text
7. riwayat hidup.docx

Download (38kB)

Abstract

Ratnawati, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres No. 206 Salekowa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Skripsi Ini Dibimbing oleh Drs. Lutfi B.,M.Kes dan Muhammad Irfan,S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 206 Salekowa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 206 Salekowa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa, dengan subjek penelitian terdiri dari satu orang guru dan 19 orang siswa dimana 8 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 206 Salekowa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan setiap siklus. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Selain itu dapat dilihat Hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori tidak tuntas dan meningkat pada siklus II berada pada kategori tuntas. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres 206 Salekowa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:38
Last Modified: 18 Jul 2023 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33065

Actions (login required)

View Item View Item