PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 47 JOALAMPE KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI

SUPRIANDI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 47 JOALAMPE KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
sampul kedua andi baru.docx

Download (51kB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru andi revisi(1).docx

Download (562kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (72kB)

Abstract

Supriandi. 2017. Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 47 Joalampe Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 47 Joalampe Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 47 Joalampe Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SD Negeri 47 Joalampe Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai sedangkan subyek penelitiannya adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori tidak tuntas sedangkan siklus II berada pada kategori tuntas. Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 47 Joalampe Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:45
Last Modified: 18 Jul 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33051

Actions (login required)

View Item View Item