PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES BATANGMATA SAPO KECAMATAN BONTOMATENE KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Kapri Sendu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES BATANGMATA SAPO KECAMATAN BONTOMATENE KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (92kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (1MB)

Abstract

Kapri Sendu, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Batangmata Sapo Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar Kabupaten Kepulauan Selayar . Skripsi dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau M.Si, dan Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Batangmata Sapo Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Batangmata Sapo Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar Kabupaten Kepulauan Selayar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Batangmata Sapo Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar Kabupaten Kepulauan Selayar . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, tiap siklus terdiri atas empat tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Batangmata Sapo Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 21 orang siswa, dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada siklus I pertemuan I dan II berada pada kategori kurang dan aktifitas siswa pada siklus I pertemuan I dan II berada pada kategori kurang. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dimana aktifitas guru pada siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori baik dan aktivitas siswa pada siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori belum tuntas dan pada siklus II berada pada kategori tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Batangmata Sapo Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Sel

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:41
Last Modified: 18 Jul 2023 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33050

Actions (login required)

View Item View Item