PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GADDONG 2 KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

Suharni (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GADDONG 2 KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (533kB)

Abstract

Suharni. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group InvestigationUntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gaddong 2Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Khairunnisa,S.Pd.I M.A dan Dra.Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA kelas IV SD NegeriGaddong 2 Kecamatan Bontoala Kota Makassar dengan nilai rata-rata masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui modelpembelajaran kooperatif tipe group investigation siswa kelas IV SD NegeriGaddong 2 Kecamatan Bontoala Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan kooperatif tipegroup investigation di kelas IV SD Negeri Gaddong 2 Kecamatan Bontoala KotaMakassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian iniadalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation denganmelihat aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar IPA. Subjek penelitian iniadalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang yang terdiri atas 12siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitasbelajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup, dan pada siklus II dikategorikan tinggi dan telah mencapai taraf keberhasilan. Peningkatan hasil belajar siswadapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan persentase ketuntasan siklus I dikategorikan kurang dan belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal,dan pada siklus II dikategorikan tinggi dan telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkanpenerapan model pembelajaraan kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas IV di SDN Gaddong 2 Kecamatan Bontoala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:36
Last Modified: 18 Jul 2023 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33049

Actions (login required)

View Item View Item