PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN NO 107 INPRES KUNJUNG KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR

ANDI ANGGA NUARI. Y (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN NO 107 INPRES KUNJUNG KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul kedua angga.docx

Download (47kB)
[img] Text
file asli terbaru skripsi angga, S.Pd.docx

Download (497kB)

Abstract

Andi Angga Nuari. Y. 2016. Penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Khaerunnisa, S.Pd.I., MA dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran open ended dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS IV SDN No 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran open ended dan hasil belajar murid. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SDN No 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar dengan subyek penelitian sebanyak 23 murid, 10 murid perempuan dan 13 murid laki-laki. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai pengajar atau guru serta memberikan petunjuk kepada murid yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan guru bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segi hasil pada siklus I hasil belajar murid berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar murid mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:14
Last Modified: 18 Jul 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33046

Actions (login required)

View Item View Item