PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVPADA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NUR ILMI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVPADA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (48kB)
[img] Text
3. MOTO.docx

Download (22kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (23kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI 2.rtf

Download (143kB)
[img] Text
7.BAB I-III.docx

Download (161kB)
[img] Text
8. lampiran foto.docx

Download (3MB)
[img] Text
9. Lampiran observasi2.docx

Download (123kB)
[img] Text
10. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (54kB)

Abstract

Nur Ilmi. 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh… Andi Dewi Riang Tati., S.Pd., M.Pd Dan Dr. Ratmawati T, M.Pd Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sehingga, penelitian ini mengkaji tentang penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan rumusan masalah, Bagaimanakah Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan proses belajar IPA melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 22 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Selain itu, dapat dilihat pula peningkatan keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:48
Last Modified: 18 Jul 2023 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33044

Actions (login required)

View Item View Item