AINUL QADRI AZIS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 107 INPRES KUNJUNG KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR.
Text
Halaman sampul kedua ainul.docx Download (62kB) |
|
Text
file asli terbaru skripsi ainul.docx Download (525kB) |
Abstract
Ainul Qadri Azis. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN No. 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd,. M.Pd dan Dr. Latang,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru 1 orang dan siswa sebanyak 26 orang dengan jumlah siswa laki-laki 10 orang dan 16 orang jumlah siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I kurang (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn berada pada kategori tidak tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:21 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33042 |
Actions (login required)
View Item |