JAMIL (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN PANAIKANG II KOTA MAKASSAR.
Text
sampul 1.docx Download (36kB) |
|
Text
halaman depan fix.docx Download (257kB) |
|
Text
revisi skripsi jamil.docx Download (1MB) |
Abstract
JAMIL, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual,dan Intelektual (SAVI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri Panaikang II Kota Makassar. Dibimbing oleh Dra.Hj. Rosdiah Salam M.Pd, dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual (SAVI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Panaikang II Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual (SAVI) Pada Siswa Kelas IV SDN Panaikang II Kota Makassar. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian adalah model pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual (SAVI),dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV. Pada aktivitas mengajar guru siklus I berada pada kategori baik. Dan pada siklus II juga berada pada kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan siklus II berada pada kategori baik pula. Begitupula pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal sesuai dengan yang telah ditentukan dan berada pada kategori tidak tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Panaikang II Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:16 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33041 |
Actions (login required)
View Item |