PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 21 PULAU LAMPUTANGKECAMATAN LIUKANG TUPABBIRING KABUPATEN PANGKEP

SINARTI (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 21 PULAU LAMPUTANGKECAMATAN LIUKANG TUPABBIRING KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL DLL.docx

Download (49kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (81kB)
[img] Text
NILAI HASIL BELAJAR SISWA SIKLUS I.docx

Download (35kB)
[img] Text
NILAI HASIL BELAJAR SISWA SIKLUS II.docx

Download (77kB)
[img] Text
DOKUMENTASI11.docx

Download (12MB)

Abstract

SINARTI 2014. Pembelajaran kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang Kecamatan Liukang Tupabbiring. Dibimbing oleh Dra. Hasnah, M.Si, dan Sumarlin Mus S,Pd, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada Siswa kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang Kecamatan Liukang Tupabbiring ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada Siswa kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang Kecamatan Liukang Tupabbiring. Jenis penelitian yang digunakana dalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan Siswa kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang Kecamatan Liukang Tupabbiring yang berjumlah 20 orang, dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Fokus Penelitian adalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif STAD dan Hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data kuantitatif untuk mengolah data mengenai hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang Kecamatan Liukang Tupabbiring. Hasil penelitian yaitu dari data nilai hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori baik sedangkan pada pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan hasil observasi siswa pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar Siswa kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang Kecamatan Liukang Tupabbiring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melihat nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Data hasil observasi mengajar guru dan observasi belajar Siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan dari setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Pembelajaran Kooperatif STAD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada Siswa kelas IV SD Negeri 21 Pulau Lamputang Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:50
Last Modified: 17 Jul 2023 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33034

Actions (login required)

View Item View Item