PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nurul Fajriani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
2. sampul kedua nunu.docx

Download (73kB)
[img] Text
3. BAB I nunu.docx

Download (22kB)
[img] Text
4. BAB II nunu.docx

Download (31kB)
[img] Text
5. BAB III nunu.docx

Download (47kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Nurul Fajriani., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd,. Dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang siswa, 16 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang, dan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori cukup. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum, sedangkan siklus II mengalami peningkatan dan memenuhi KKM. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:39
Last Modified: 17 Jul 2023 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33032

Actions (login required)

View Item View Item