PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES KAPA KECAMATAN MATTIRO SOMPE KABUPATEN PINRANG

GUSNAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES KAPA KECAMATAN MATTIRO SOMPE KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (56kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL 1.docx

Download (83kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL 2.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB I - III ASLI.docx

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

GUSNAWATI, 2016. Penerapan Model Pembelejaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Kapa Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Skripsi dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau., M.Si dan Andi Dewi Riang Tati., S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran terutama pada aspek keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres Kapa Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres Kapa Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres Kapa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Time Token dan keterampilan berbicara siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Kapa dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 12 perempuan dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun keterampilan berbicara siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan belum mencapai taraf keberhasilan, sedangkan pada siklus II dikategorikan baik dan telah mencapai taraf keberhasilan. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan persentase ketuntasan siklus I dikategorikan sedang namun belum tuntas secara klasikal, sedangkan pada siklus II dikategorikan tinggi dan telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres Kapa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:36
Last Modified: 17 Jul 2023 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33015

Actions (login required)

View Item View Item