PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTAKECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

YOAB MARKUS UNENOR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTAKECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (98kB)
[img] Text
SKRIPSI BOJES 1247045109.docx

Download (1MB)

Abstract

Yoab Markus Unenor, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Ips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi. B. M. Kes Andi Dewi Riang Tati, S,Pd, M.Pd Pada Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Siswa pada kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalah pada Penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang dilakukan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian yaitu Penelitian tindakan kelas ( PTK ). Fokus Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Make A Match dan hasil belajar siswa. Subjek Penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II meningkat pada kategori baik (B). hal ini berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Make A Match secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba pada mata pelajaran IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:39
Last Modified: 17 Jul 2023 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32994

Actions (login required)

View Item View Item