PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 23 TANETE KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

ERVINA SARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 23 TANETE KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
sampul kedua ervina.docx

Download (46kB)
[img] Text
ervina file skripsi asli.docx

Download (528kB)

Abstract

Ervina Sari. 2016. Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 23 Tanete Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Dr. Andi Makkasau, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 23 Tanete Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 23 Tanete Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika model pembelajaran advance organize dilaksanakan pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 23 Tanete Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran advance organizer dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SD Negeri 23 Tanete Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dengan subyek penelitian sebanyak 24 siswa, 9 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi proses siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sedangkan segi hasil pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik sekali (BS). Kesimpulannya adalah bahwa penerapan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 23 Tanete Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:06
Last Modified: 17 Jul 2023 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32990

Actions (login required)

View Item View Item