PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSDN BUTUNG II KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR

Asdiani Ramli (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSDN BUTUNG II KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.rtf

Download (327kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (77kB)
[img] Text
abstrak.rtf

Download (46kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.docx

Download (734kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

Asdiani Ramli. 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Butung II Kecamatan Wajo Kota Makassar. Skripsi. Dan Dibimbing oleh Dra. Hj. Amrah, S.pd., M.Pd sebagai pembimbing I dan Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si sebagai pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Butung II Kec.Wajo Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistic dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Butung II Kec.Wajo kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Butung II kec.Wajo kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran matematika realistic dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori sangat baik.Demikian pula aktivitas belajar siswa pada sisklus I berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan yang telah ditentukan dan berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan adanya aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan matematika realistic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas IV SDN butung II Kec.Wajo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:08
Last Modified: 14 Jul 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32906

Actions (login required)

View Item View Item