PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES MALINO KECAMATAN TINGGIMONCONG KABUPATEN GOWA

Andi Ratih dian Sukmawati (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES MALINO KECAMATAN TINGGIMONCONG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (50kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (14kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
Hal 81-125.docx

Download (285kB)
[img] Text
Hal 126-127.docx

Download (20kB)
[img] Text
Hal 128-129..docx

Download (20kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (7MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (28kB)

Abstract

Andi Ratih dian Sukmawati, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas V SD Inpres Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S. Pd., M. Pd. dan Dr. Ratmawati, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas V SD Inpres Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas V SD Inpres Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian adalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas V SD Inpres Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Fokus pelaksanaan tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan Murid SD Inpres Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa, berjumlah 26 orang Murid. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktifitas guru dan siswa berada pada kategori cukup, Pada siklus II menunjukkan peningkatan aktifitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan Penerapan Model Kooperatif Tipe Paired Storytelling Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Murid kelas V SD Inpres Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:44
Last Modified: 14 Jul 2023 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32901

Actions (login required)

View Item View Item