PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE - CIRCLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

AYU WULANDARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE - CIRCLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI AYU.docx

Download (61kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBIN1KIA.docx

Download (26kB)
[img] Text
PRAKATA AYU.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI AYU.docx

Download (20kB)
[img] Text
SKRIPSI AYU.docx

Download (247kB)
[img] Text
Lampiran 31.docx

Download (12kB)

Abstract

Ayu wulandari, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Hj. Nurhaedah, S.Pd. M.Hum: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaraan PKn siswa kelas V di SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dan hasil belajar PKn. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar Tahun Ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang, yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana pembelajaran atau sebagai guru dan guru kelas bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:01
Last Modified: 12 Jul 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32870

Actions (login required)

View Item View Item