PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

YOSEP WEMPI MIRU (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Awal.docx

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (1MB)

Abstract

Yosep Wempi Miru, 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba, Skripsi. Dibimbing oleh: Drs. Latri Aras, S,Pd, M,Pd, dan Hikmawati Usman, S,Pd, M,Pd. Program Studi PGSD Fakultas Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan mata pelajaran IPS khususnya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dangan subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 29 orang siswa dimana 16 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Fokus penelitian ini yaitu penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa siklus I yang berada pada kategori cukup, dari hasil belajar siswa siklus I ini guru merefleksi kembali hal-hal yang perlu di evaluasi dengan cara merubah dan mendesain gaya belajar yang sesuai dengan porsi materi dan siswa sehingga pada siklus II ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil berdasarkan hasil observasi guru dan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II begiti juga pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:29
Last Modified: 12 Jul 2023 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32864

Actions (login required)

View Item View Item