PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOY FUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

Yongky Yesaya Molle (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JOY FUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Halaman Sampul.docx

Download (49kB)
[img] Text
Halaman Judul.docx

Download (441kB)
[img] Text
Isi.docx

Download (4MB)

Abstract

Yongky Yesaya Molle, 2016, penerapan model pembelajaran joyful learning untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd., M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran joyful learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan penarapan model pembelajaran joyful learning. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Seting penelitian ini di SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru, 1 guru kelas IV sebagai observer dan 29 siswa kelas IV SD Negeri 14 Babana terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar dalam semester genap tahun ajaran 2015/2016. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Joyful Learning dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, dilihat pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik dan rata-rata hasil belajar PKn meningkat mencapai kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:18
Last Modified: 12 Jul 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32863

Actions (login required)

View Item View Item